Cara Menggunakan Cron Job di Directadmin

Pengantar

Holaa Sobat i3cloudX!! Kalian sudah pernah tau tentang cron job belum? Kalau belum mimin akan jelaskan dulu. Cron Jobs digunakan untuk menjadwalkan tugas untuk dijalankan di server. Jadi apabila kamu perlu menjalankan suatu tugas pada waktu tertentu secara terjadwal kamu bisa memanfaatkan cron job ini.

Khusus di panduan kali ini akan membahas tentang cara memanfaatkan penggunaan cron job pada panel Directadmin. Mau tau caranya? Cuss cek panduan di bawah.

Prasyarat

  1. Memiliki hosting aktif dengan panel Directadmin
  2. Memiliki akses menuju ke panel Directadmin hosting

Langkah 1, Login Menuju Directadmin

Langkah pertama yang paling penting adalah login ke panel Directadmin hosting kamu. Kamu bisa login melalui member area ya, Sob!

Setelah itu lanjutkan dengan masuk ke menu Cron Jobs

Langkah 2, Membuat Cron Baru

Buat cron baru dengan klik tombol Create Cron Job

Isikan sesuai dengan kebutuhan cron yang akan dibuat. Contohnya seperti pada gambar di bawah

Setelah itu klik Cegah E-Mail. Secara otomatis sistem akan menambahkan perintah >/dev/null 2>&1 di belakang di belakang perintah yang kamu tambahkan tadi.

Setelah itu kamu baru bisa klik tombol Create untuk membuat cron tadi.Jika sudah tercreate akan ada notifikasi seperti berikut.

Penutup

Mudah dan jelas bukan? Apabila kamu mengalami kendala atau ada yang ditanyakan kamu bisa menghubungi tim support yang ada di member area melalui chat atau tiket ya, Sob! Selamat mencoba ^^