Mengatasi Eror Max Deffer

Pengantar

Nah untuk memulai , kamu perlu tahu apa itu eror max deffer . Max Deffer adalah eror yang didapatkan ketika pesan email tidak terkirim dan akan kembali dengan keterangan eror “domainkamu.com has exceeded the max defers and failures per hour”

Penyebab munculnya pesan eror ini adalah karena cPanel secara default memiliki fitur untuk menghindari tindakan spam yang kemungkinan bisa di lakukan oleh user. cPanel akan melakukan pemblokiran pada satu akun yang berkali-kali mengirimkan email yang tidak valid atau spam dalam waktu  satu jam. Tidak valid disini bisa diartikan kamu mengirim email pada penerima yang sebenarnya tidak ada atau ada setting yang belum tepat di email hosting, hal ini akan diindikasi spam oleh Cpanel. 

Prasyarat 

  1. Memiliki Cpanel Hosting
  2. Memiliki akun email didalam Cpanel hosting

Langkah 1, Login ke cpanel 

Login ke cpanel kami bisa lewat https://(namadomainkamu)/Cpanel ataupun login lewat Member Area i3cloudX ya.

Langkah 2, Track delivery

Untuk melakukan pengecekan semua aktifitas pengiriman email bisa cek melalui menu track delivery pada cpanel.

Langkah 3, Cek  Status Pengiriman Email 

Penyebab eror max deffer karena ada kegagalan pengiriman email lebih dari 5 kali dalam 1 jam , untuk keterangan email yang gagal pada track delivery bisa di cek dengan keterangan event seperti gambar dibawah ini.

  • — System deferred the message.
  • — Pesan mengalami kesalahan pengiriman.
  • — Server email menerima pesan tetapi tidak mengirimkan pesan ke kotak masuk penerima. Ini biasanya terjadi karena server spam memfilter pesan tersebut.
  • — Sistem menolak dan membuang pesan pada waktu SMTP. Ini biasanya terjadi karena server pengirim tidak menggunakan konfigurasi yang aman atau terblacklist.

Langkah 4 , Bounce max deffer 

Jika dalam track delivery ada kegagalan email dengan keterangan event diatas lebih dari 5 kali dalam 1 jam akan mendapat bouce max deffer. 

Eror max deffer akan tereset otomatis setelah 1 jam setelah email pengiriman terakhir , atau bisa langsung konfirmasi ke tim support untuk melakukan reset max deffer secepatnya .

Cukup sekian tutorial kali ini ya! Jadi kesimpulannya , Max Deffer ini eror yang didapat kalau ada kesalahan pengiriman email didalam cpanel . Pastikan untuk pengiriman email kamu sudah valid dan benar ya sob , supaya tidak ada kendala di pengiriman email kamu.

Leave a Comment